Langsung ke konten utama

"Pasang Matched Content" Pastikan Mendapatkan Matched Content Adsense

Apa itu Matched Content atau konten yang sesuai. Matched Content adalah alat rekomendasi untuk menawarkan konten lainnya yang di anggap sesuai dan relevan, atau bisa juga untuk mempromosikan konten — yang ditujukan untuk pengunjung situs. Rekomendasi konten yang muncul didasarkan pada kesamaan topik dan disesuaikan untuk pembaca.

Matched Content ini bisa digunakan sebagai pengganti artikel terkait atau related post. Matched Content tidak sama seperti related post, dimana alat ini tidak menampilkan daftar konten berdasarkan label, melainkan dari topik dan kesesuaian pembaca, yang pemilihannya secara otomatis diatur oleh boot adsense. Hasil yang ditampilkan akan selalu sama, dan kemungkinan akan berbeda setelah beberapa waktu.

Sedangkan untuk related post, daftar pilihan konten berdasarkan label yang telah dibuat dan diatur, serta pemilihannya diacak secara otomatis oleh javascript. Jadi hasil akan selalu berbeda.

Yang menarik dari matched Content ini ialah diselipkannya iklan adsense pada daftar konten sesuai. Jumlah iklan yang tampil bisa berbeda-beda, ada yang satu atau dua atau tiga bahkan 4 atau bisa juga iklan tidak muncul — munculnya sesuai monetisasi pada konten.

Pastinya ketika belum membuka fitur matched Content ingin untuk mendapatkannya. Jika belum terbuka alat konten sesuai bisa menggunakan iklan otomatis yang biasanya matched Content akan muncul di tampilan mobile tapi tidak diselipkan iklan.

Cara Mendapatkan Matched Content Adsense

Untuk mendapatkan unit konten yang sesuai maka ada beberapa hal yang perlu ada pada blog. Di blog ManKoin bisa mendapatkan unit Matched Content dengan jumlah posting 134 dan dengan page view 200 - 300 perhari. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan Matched Content.

Menggunakan meta-tag dan gambar di setiap posting

Menambahkan gambar unik ke setiap laman konten, begitulah yang diposting oleh google untuk menemukan artikel yang lebih baik untuk direkomendasikan. Serta dijelaskan juga untuk menggunakan meta-tag. Penggunaan meta-tagtidak perlu berlebihan setidaknya sudah valid data terstruktur dan menyertakan Open Graph (diantaranya cukup: og:title, og:type, og:image, dan og:url).

Trafik yang Baik

Blogger lain mengatakan untuk mendapatkan Matched Content harus memiliki trafik yang tinggi. Tapi itu belum tentu, trafik page view kisaran 200 bisa mendapatkan unit konten yang sesuai. Dan Visitor kurang lebih ada 100 perhari dari pencarian Google, ini bisa dilihat di webmaster.

Itulah yang saya amati sebelum mendapatkan Unit Matched Content. Intinya biar boot adsense menganalisa perilaku pengunjung. Intinya Buat blog Memiliki volume traffic yang stabil.

Jumlah artikel

Posting artikel tidak harus banyak hingga beberapa ratus. Blog ini dengan artikel 134 bisa mendapatkan Matched Content. Artikel yang kurang dari itu pun bisa juga mendapatkan fitur unit konten yang sesuai. Karena ada blog yang artikelnya hanya 50-an sudah memasang unit Matched Content.

Setidaknya update artikel secara rutin dan pastikan unik, tujuannya untuk meningkatkan trafik, serta agar boot adsense menambahkan index artikel (untuk digunakan sebagai konten sesuai).

Monetisasi Secara Optimal

Situs harus dimonetisasi secara optimal, bukan menampilkan iklan sebanyak yang bisa ditempatkan, tapi maksudnya menampilkan iklan sesuai (tidak melanggar) TOS Google. Cara mengoptimalkan monetisasi situs bisa dengan Eksperimen penempatan atau jenis dan ukuran iklan. Blog ini, sebelum mendapatkan Unit Matched Content sering bereksperimen hal tadi.

Matched Content dengan Auto Ads

Cobalah untuk menggunakan Auto Ads untuk menampilkan konten yang sesuai, mungkin saja ini bisa digunakan untuk uji coba untuk boot adsense. Biasanya akan tampil di halaman paling bawah atau pada element sidebar dan juga ini hanya bisa tampil di mobile, karena tidak pernah menemuinya muncul di dekstop. Tapi iklan tidak ada iklan.

Blog Mankoin sebelum mendapatkan Matched Content sempat ada iklan yang muncul pada konten sesuai yang dibuat Auto Ads. Mungkin saja ini bisa mempercepat mendapatkan Unit Matched Content. Ketika mendapatkan unit Matched Content di beranda akan ada pemberitahuan.

Cara Memasang Matched Content Adsense

Karena Matched Content termasuk iklan Native atau Asli maka Cara membuat kodenya sama seperti memasang unit iklan Native (pastinya sudah pernah membuat unit iklan native kan). Di Ad Unit akan ada bertambah satu item yaitu Matched Content (iklan Native). Setting nama, opsi iklan (otomatis dengan iklan), dan ukuran responsive (bisa juga di custom – tapi responsive lebih baik).

Setelah mendapatkan kode Matched Content tinggal menaruhnya pada blog Google menyarankan paktik terbaik dengan menempatkan di bawah artikel (bisa untuk pengganti related post) dan bisa juga di sidebar. Matched Content bisa juga boleh diletakkan di atas atau di bawah unit iklan.

Satu lagi daftar Situs yang bisa dipasang unit Matched Content tercantum pada Setelah > Akun Saya > Konten yang Sesuai — dalam bahasa inggris Settings > Mt Sites > Matched Content. Jadi tidak semua situs yang telah di pasang iklan bisa menggunakan unit Matched Content.

Iklan bisa ada, bisa tidak. Jumlah iklan yang muncul ada kaitannya dengan konten, jika konten dimonetisasi dengan baik, maka iklan akan muncul sesuai hasil monetisasi. Jika monetisasi baik bisa muncul sampai dua iklan.

Dan monetisasi itu mungkin dari keyword yang ada, tapi yang pasti dari keunikan konten. Karena pertama ketika mencoba pada artikel yang perkiraan keyword rendah iklan hanya muncul satu bahkan tidak muncul/tidak ada iklannya. Dan perkiraan pada artikel yang keyword cukup baik iklan bisa muncul sampai tiga unit.

Jadi biar muncul iklan pada Matched Content usahakan membuat konten seunik mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Komentar Blogger Valid AMP dan Anti Backlink Spam

Umumnya komentar pada blog AMP menggunakan Disqus atau Facebook comment. Awalnya versi mobile blog ini juga menggunakan komentar Facebook, tapi sekarang menggunakan Threaded Comment Blogger yang tentunya sudah di custom valid AMP. Untuk versi dekstop juga ditambahkan fitur komentar Disqus (untuk diskusi). Sama seperti di posting sebelumnya komentar blogger ini menggunakan schema.org dan anti backlink untuk SEO. Schema komentar yang saya temukan hanya ada dua jenis yaitu https://schema.org/UserComments dan https://schema.org/comment. Karena usercomment mencantumkan sebagai cara lama untuk berinteraksi, maka diputuskan untuk menggunakan https://schema.org/comment, itu juga diperkuat lagi dengan digunakan oleh mastah blogger (platform wordpress). Blogger sudah menggunakan tag nofollow untuk setiap anchor link yang ada pada komemtar seperti yang sudah dijelaskan di blog resminya puluh tahun lalu. Tapi bagi saya itu tidak cukup, maka dengan Anti Backlink link apapun yang ada pada komentar a...

Membuat Komentar Blogger Simple SEO Ringan dengan Schema.org

Komentar merupakan salah satu bagian dari blog yang digunakan untuk pertanyaan, pendapat, dan bisa juga berdiskusi. Komentar bawaan blogger tersedia dalam 2 jenis yaitu yang biasa tidak ada fitur balas komentar (Comments) dan yang bertingkat (Threaded Comments) dengan fitur balas komentar. Kedua jenis komentar tersebut tidak menyertakan schema data terstruktur, yang tentunya berfungsi untuk SEO. Dengan adanya schema.org komentar yang positif dapat dengan mudah dibaca / index oleh mesin google dan tentunya dapat berguna untuk reputasi blog di pencarian google. Karena google sendiri juga menggunakan komentar untuk menilai konten, intinya reaksi pengunjung setelah membaca artikel. Mungkin dengan ditambahkannya schema akan lebih baik jika dibandingkan dengan tanpa schema. Blog ManKoin menggunakan komentar dengan schema.org, pada postingan kali ini membahas tentang membuat komentar dengan banyak fitur tapi sederhana. Awalnya ini dari blogger lain yang meminta membuat komentar seperti blog ...

Blogger Related Post AMP Ringan Dengan Multi Label

Sekarang sudah banyak orang yang menggunakan blog amp . Untuk blogger masih belum support AMP, tapi walau belum support amp Blogger bisa dibuat support amp. Dalam hal related post dan comment sudah di atasi oleh Kang Ismet dan Adhy Suryadi agar support amp dengan menggunakan amp-iframe. Update! sekarang blogger sudah bisa untuk HTTPS pada Custom Domain. Baca dan lihat tutotialnya di Blogger Mendukung Https untuk Custom Domain . Dalam related post kebanyakan hanya menggunakan satu label seperti milik kompiajaib yang menggunakan FeedWind, bahkan saya belum tau untuk yang multi label. Sekarang akan membahas related post dengan label lebih dari satu (multi label) atau berlabel banyak. Kisah pembuatannya Yang ini boleh dilewati!... 😉😏 Dalam pembuatan related post ini awalnya saya hanya mencoba-coba karena saya berfikir bahwa mungkin bisa untuk multi label dan ternyata hasilnya sukses. Dalam hal ini butuh waktu yang sangat lama karena saya juga masih belajar menggunakan javascript. Pertam...